Apakah kamu suka dengan tulisan ini?

Workshop Validasi Data dari Dir. Profesi Pendidik  


Perubahan sistem pemerintahan dari sentralisasi ke desentralisasi berimplikasi pada sistem pengelolaan pendidikan. Otonomi bidang pendidikan, terutama pada jenjang pendidikan dasar dan menengah pada tingkat kabupaten/kota perlu didukung oleh sistem pendataan guru yang melibatkan setiap unsur pengelola pendidikan pada tingkat sekolah, kecamatan dan kabupaten/kota, dibawah koordinasi provinsi, sehingga tercipta sistem pemutakhiran data guru secara berkelanjutan.

Pada saat ini, Ditjen PMPTK sedang menyusun data perencanaan Kebutuhan Guru tahun 2010-2014. Berbagai variabel akan sangat mempengaruhi akurasi data perhitungan kebutuhan guru tersebut, seperti data jumlah siswa, data jumlah rombongan belajar, kebijakan RKB-USB, sekolah inklusi, dan sekolah daerah terpencil

Perencanaan Kebutuhan Guru tahun 2010-2014 disusun untuk dijadikan acuan bagi instansi yang berwenang dalam mengkaji ulang kebutuhan guru serta dasar perhitungan bagi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dalam menentukan kuota bagi LPTK untuk penyelenggaraan pendidikan profesi guru yang sesuai dengan kebutuhan nyata di lapangan. Hasil analisis perhitungan kebutuhan guru juga digunakan sebagai dasar penentuan kebijakan pemerataan dan redistribusi guru.

Agar Data Perencanaan Kebutuhan Guru tahun 2010-2014 memiliki tingkat akurasi yang tinggi dan dapat dipertanggungjawabkan secara akademis diperlukan kegiatan validasi data ke daerah. Kegiatan validasi data tersebut melibatkan Dinas Pendidikan Provinsi, LPMP, dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dalam bentuk workshop yang dipandu oleh petugas dari Direktur Profesi Pendidik Ditjen PMPTK. Validasi data yang melibatkan ketiga instansi tersebut diharapkan dapat mereduksi kesalahan data yang muncul sebagai akibat dari berbagai faktor.
Dengan mengundang peserta dari enam (6) Dinas Kabupaten/Kota se-Provinsi Gorontalo masing-masing dinas mengutus 2 orang petugas data, hari ini bertempat di Ruang Sidang LPMP Gorontalo diselenggarakan Workshop Validasi Data Perencanaan Kebutuhan Guru Negeri dan Swasta Tahun 2010 - 2014. Sebagai penyelenggara kegiatan tersebut dari Direktorat Profesi Pendidik Ditjen PMPTK Depdiknas, yaitu Bapak Sarwin Zain, Bapak Zulkarnaen, Bapak Maman Sumantri, dan Bapak Suwilis.

Menurut Sarwin Zaid, tujuan dari kegiatan ini adalah :

  • Mendapatkan data yang akurat tentang jumlah guru yang ada (existing) pada semua jenjang pendidikan berdasarkan jumlah bidang studi, satuan pendidikan, dan wilayah (nasional, provinsi, kabupaten/kota)tahun 2010-2014.
  • Mendapatkan informasi yang akurat tentang proyeksi kebutuhan guru pada semua jenjang pendidikan berdasarkan jumlah bidang studi, satuan pendidikan, dan wilayah pada tahun 2010-2014.
  • mendapatkan informasi tentang proyeksi jumlah rombongan belajar dan ruang kelas berdasarkan satuan pendidikan untuk tahun 2010-2014.
  • Memperoleh informasi tentang prediksi kebutuhan guru untuk 2010-2014 berdasarkan rombongan belajar, bidang studi, dan wilayah.


  • Sementara itu ditempat terpisah, Bapak Zulkarnaen menambahkan bahwa "sasaran dari kegiatan worshop validasi dan perencanaan kebutuhan guru ini adalah 33 Dinas Pendidikan Provinsi, 33 LPMP, dan 483 Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Kebetulan hari ini sampai besok kita laksanakan di Gorontalo, seterusnya kita akan keliling daerah sampai sasaran dimaksud terpenuhi", jelasnya.












    AddThis Social Bookmark Button

    0 komentar

    Posting Komentar